Home » Cara Sukses » Mencari Ide Usaha Sampingan

Mencari Ide Usaha Sampingan

Aug
28
2018
by : Aplikasi Excel Praktis . Posted in : Cara Sukses
mencari-ide-usaha

cara-mencari-ide-usaha

Rahasia Mencari Ide Usaha Sampingan

Di tengah ketersediaan lapangan kerja yang sudah cukup sulit, ditambah lagi persaingan memperoleh pekerjaan yang lebih berpihak kepada mereka yang mempunyai ijazah tinggi, maka akhirnya banyak orang yang mulai berpikir untuk memiliki usaha sendiri daripada menjadi karyawan. Tuntutan untuk mencari nafkah keluarga sangat mendorong terutama kaum laki-laki untuk mencoba peruntungannya dengan memulai bisnis. Tapi banyak yang salah dalam mengambil langkah awal dalam menentukan usaha apa yang akan dijalani. Padahal mencari ide usaha hendaknya diawali dengan menggali potensi dan kelebihan yang kita milliki. Misalnya, Anda suka menulis dan membaca. Maka ada ide usaha yang bisa dikembangkan dengan hobi Anda tersebut. Anda dapat menjadi penulis buku atau penulis artikel di media massa. Hal ini berpeluang sebab sesuai dengan minat dan bakat Anda sehingga akan mudah untuk dijalani.

Ide usaha dapat juga dikembangkan dari pengalaman kerja Anda. Kalau Anda sempat bekerja beberapa tahun di perusahaan penerbitan, misalnya, dan Anda sudah sempat memegang jabatan di beberapa divisi, pasti akan paham betul cara kerja sebuah bisnis penerbitan.

Disamping itu, Anda juga bisa mencari ide usaha dengan melihat situasi di sekitar Anda dengan mengetahuinya dari media cetak dan elektronik seperti tv, radio, koran, tabloid dan majalah. Namun jka Anda ingin lebih gampang, Anda bisa mengikuti bisnis orang lain yang sudah berjalan. Sebab, dalam usaha tidak ada larangan untuk mengikuti selama tidak sama persis seperti aslinya. Anda perlu memberikan sedikit sentuhan kreativitas untuk membedakan usaha Anda dengan yang sudah ada supaya usaha Anda memiliki nilai jual.

Anda mesti peka terhadap kebutuhan, keluhan dan permasalahan di lingkungan sekitar Anda, karena semua itu bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda. Jika Anda kreatif dan cepat tanggap terhadap kebutuhan tetangga Anda yang kesusahan mengisi pulsa telepon genggamnya karena jauh dari toko penjual voucher, hal itu dapat menjadi peluang bisnis bagi Anda. Anda dapat membuka usaha penjualan voucher di depan rumah Anda sehingga tetangga Anda tidak bingung lagi mengisi pulsa.

Sebenarnya ada cara yang lebih cepat dan mudah, tetapi tips ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Yaitu dengan membeli waralaba. Syaratnya, Anda harus memiliki modal yang cukup besar. Anda tinggal membayar hak cipta (royalty) dan membeli perangkatnya. Setelah itu Anda sudah bisa buka bisnis dengan menjual sebuah produk yang sudah dikenal di pasaran.

Lalu bagaimana Mencari Ide Usaha Sampingan? Nah, Anda dapat mengetahui Mencari Ide Usaha Sampingan dengan mencoba langkah berikut:

Menjadi Perantara

Boleh dibilang menjadi makelar adalah profesi tanpa modal. Yah, Anda cukup punya kemampuan dalam menjual dan bernegosiasi. Anda perlu mencari informasi orang-orang yang sedang kesulitan dalam menjual barang. Umumnya barang yang dijual harganya cukup tinggi dan tidak dijual secara biasa. Cobalah tawarkan kepada mereka bahwa Anda bisa membantunya menjualkan produk mereka, pastinya dengan kesepakatan berapa komisi yang bisa Anda dapat jika berhasil menjualkannya. Berikutnya Anda cari dan tawarkan kepada calon customer yang ternyata sedang membutuhkan barang yang sama seperti yang Anda jualkan. Jika Anda lagi beruntung, tidak perlu waktu lama untuk Anda menghasilkan closing dan komisi pun bisa diperoleh.

Oh yah, perlu diingat bahwa makelar bukan pemilik barang yang dijual. Artinya Anda hanya boleh menjualkan barang dengan harga yang sudah ditentukan oleh si pemilik barang. Namun jika harga jualnya tidak ditentukan oleh si pemilik barang, dan Ia misalnya hanya mengatakan: “Silahkan Anda jualkan barang saya dengan harga Anda, dan serahkan uang hasil penjualannya kepada saya sejumlah 50 juta”, maka ini berarti Anda bebas menentukan harga jual. Dan kelebihan dari uang yang diserahkan kepada si pemilik barang adalah komisi Anda.

Kesusahan Anda = ide Anda

Jika Anda sempat mengalami kesulitan mencari sesuatu, maka berfikirlah bahwa kemungkinan orang lain pun merasakan hal yang sama. Misalkan Anda kesulitan mencari pakaian dengan ukuran sangat besar (sebab badan Anda besar he he…). Ukuran umum yang dijual tidak ada yang pas dengan ukuran badan Anda. Maka yakinlah bahwa Anda tidak sendiri mengalami kesulitan tersebut. Banyak orang yang berbadan besar juga kesusahan mencari pakaian yang pas. Nah, jadikan kesulitan Anda ini sebagai ide Anda. Anda bisa menjadi penjual baju dengan ukuran besar. Pasarnya sudah jelas, Anda dapat menjualnya ke mereka yang berbadan besar. Apalagi jika Anda sudah mengetahui dimana mereka biasa berkumpul. Bawalah produk Anda untuk mereka bisa lihat dan coba. Percayalah, penjualan pertama Anda dapat berulang seterusnya. Kenapa? Karena Anda telah berjasa mengatasi kesulitan mereka, menyediakan pakaian dengan ukuran yang pas bagi mereka.

Mencari Ide Usaha Sampingan di Yellow Pages

Buku Kuning adalah kumpulan data informasi usaha yang memuat data penting sebuah badan bisnis seperti nama bisnis, alamat toko, no telpon, dll. Jika dulu data informasi usaha ini disediakan dalam bentuk buku berwarna kuning –ini sebabnya kenapa disebut Buku Kuning- maka sekarang data informasi usaha ini dapat Anda lihat di website https://www.yellowpages.co.id.

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, yaitu ketika Anda ingin mengkonversi kesusahan menjadi peluang, maka Anda bisa mendapatkan informasi tentang penyedia bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat barang yang akan Anda jual. Carilah supplier yang jaraknya lebih dekat ke tempat Anda, dan pastikan nomor kontak supplier yang tersedia selalu aktif setidaknya pada jam kerja. Akan lebih baik jika Anda bisa mendapatkan supplier yang memberikan garansi atau kebijakan retur jika ada bahan yang rusak saat diterima.

Mencari Ide Usaha Sampingan di Marketplace

Saat ini dunia online sudah menjadi tuntutan untuk bisa diikuti oleh para pelaku bisnis. Agar usahanya dikenal luas di dunia internet, sebaiknya pelaku bisnis juga {punya website untuk menjajakan produk yang dijual. Hanya saja proses membuat toko online tidak mudah, apalagi jika sampai ingin toko online tersebut bisa tembus halaman pertama search engine semacam google. Perlu keuletan dan kesabaran karena prosesnya memang lama. Nah, tips yang mudah dan cepat untuk mengenalkan produk Anda di dunia internet adalah dengan memasang etalase di marketplace semacam bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dll. Anda harus daftar dulu untuk mendapatkan akun marketplace. lengkapi form untuk daftar dengan data Anda yang sebenarnya. Setelah data terisi lengkap dan Anda menyetujui ketentuan yang berlaku, Anda akan mendapatkan konfirmasi aktifasi akun berupa informasi nama login dan password akun. Setelah Anda login, akan tersedia kolom semacam lapak saya, etalase atau toko saya. Anda dapat memasang banyak produk Anda di sana. Dan kabar baiknya, hampir semua marketplace tidak mengenakan biaya alias gratis untuk mendapatkan fasilitas ini. Kecuali jika Anda memasang iklan, Anda akan dikenakan biaya yang relatif tidak besar.

Mengembangkan usaha

Jika Anda memiliki bisnis yang sudah berjalan, tidak ada salahnya mencari inovasi untuk produk yang sudah ada. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menambah kualitas produk Anda dan agar penjualannya bisa bertambah dan menjangkau lebih banyak customer. Anda dapat mencoba hal berikut:

  1. Mengganti bahan baku yang digunakan dengan kualitas yang lebih baik. Resikonya memang harga produk Anda akan menjadi lebih tinggi. Namun jika memang produk Anda dapat memenuhi kebutuhan customer, maka masalah harga akan dapat dimaklumi oleh konsumen.
  2. Mengganti kemasan dengan kualitas dan desain yang lebih menarik. Hal pertama yang dinilai oleh customer saat melihat produk kita adalah kemasannya. Tidak salah jika dikatakan kemasan menggambarkan isi produk. Jika Anda tidak ahli dalam membuat desain kemasan, Anda bisa memakai jasa desainer. Oh yah, ini perlu biaya tambahan. Tapi sebagai modal investasi jangka panjang, ini perlu Anda lakukan.
  3. Membuat jaringan resseler. Anda mengumpulkan para penjual langsung yang bisa Anda percayai. Lalu buatlah sistem komisi untuk mereka yang mau menjualkan kembali produk Anda. Tetapkan berapa minimal order dalam sekali pembelian, berapa komisi yang bisa diperoleh resseler, bagaimana sistem pembayarannya (cash atau tempo), dll. Jika Anda berhasil memperoleh para resseler yang hebat, maka Anda sudah tidak akan disibukan dengan target penjualan. Anda bisa lebih fokus pada perbaikan dan pengembangan proses produksi.
  4. Meningkatkan pelayanan purna jual. Berikan garansi kepada konsumen bahwa jika terjadi cacat dalam produk Anda sebelum mereka menggunakannya, Anda siap untuk menggantinya 100%. Atau Anda akan mengembalikan uangnya jika ternyata Anda tidak bisa menggantinya dengan barang yang baru. Intinya, berikan jaminan kepada customer bahwa Anda tidak sekedar menjual produk, tapi juga memberikan pelayanan terbaik dengan fokus kepuasan konsumen.

Masih banyak sebenarnya bagaimana [pgp=title]. Yang lebih penting dari semua itu adalah, Anda berani memulai bisnis. Jangan terlalu banyak mikir, mulai saja dulu. Dan dengan sendirinya Anda akan memperoleh ilmu dan pengalaman yang mengantarkan Anda menjadi seorang pebisnis sukses. Lalu bertahanlah sambil terus melakukan perbaikan. Banyak pebisnis yang gagal karena mereka berhenti di tengah jalan, padahal gerbang kesuksesan sudah dekat di depan mata. Selamat memulai usaha baru dan mulai berinovasi dengan bisnis Anda saat ini…!

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

Aplikasi Excel Praktis
Jl. Raya Tajur Gg. Tanuwijaya RT 001 RW 004 Kel. Tajur Kec. Bogor Timur Kota Bogor
Phone 085814289119
Copyright © 2012